Profil

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bantul serta Peraturan Bupati Bantul Nomor 105 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul, yang di dalamnya termuat kedudukan, tugas pokok, dan fungsi sebagai berikut :

Kedudukan

Bagian Hukum kretariat Daerah Kabupaten Bantul merupakan salah satu unit kerja yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Asisten Pemerintahan. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya Bagian Hukum dipimpin oleh Kepala Bagian yang membawahi 3 (tiga) Sub Bagian, yang terdiri atas : Sub Bagian Produk Hukum, Sub Bagian Bantuan Hukum, dan Sub Bagian Dokumentasi Hukum.

Tugas Pokok

Tugas Pokok dari Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul adalah melaksanakan perumusan bahan penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, serta pelayanan administratif bidang hukum.

Fungsi

Sebagai perwujudan tugas pokok yang diemban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25, Bagian Hukum menyelenggarakan fungsi :

1. Penyusunan rencana kerja Bagian.

2. Perumusan bahan penyusunan kebijakan daerah bidang hukum

3. Perumusan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah Bidang Hukum.

4. Perumusan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah bidang hokum.

5. Pelayanan administratif dan pembinaan aparatur sipil Negara pada Perangkat Daerah bidang hukum.

6. Pelaksanaan ketatausahaan Bagian.

7. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan tugas dan fungsi Bagian.

8. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Pemerintahan terkait dengan tugas dan fungsinya.

   Alamat email pengelola: hukum@bantulkab.go.id